Friday, March 21, 2014

Sepenggal Cerita Kegiatan Prakerin di Kementerian Agama Kab. Cianjur (Minggu Ketiga 17-21 Maret 2014)

Assalamualaikum wr.wb.

Hai teman? Apa kabar? Sehat kan? :)
Ahuy...Jumpa lagi bersama saya, Novallingga Dirgantara, si anak galing dari sudut kota Cianjur :3. Alhamdulillah kegiatan prakerin saya di Kemenag Kab. Cianjur udah masuk ke minggu ketiga nih guys. Di minggu ketiga ini saya semakin terbiasa dengan rutinitas-rutinitas kantor. Pekerjaan yang awalnya terkesan baru pun kini mulai saya lakukan dengan enjoy dan happy. Selain itu, orang-orang disekitar lingkungan kerja pun sudah lebih dekat dengan saya.

Okay guys, mau tau kegiatan prakerin saya di minggu ketiga ini secara detail? Nih saya kasih, Check it out guys....

Hari Pertama 17 Maret 2014 :

Bertepatan dengan tanggal 17, hari pertama pun dimulai dengan Upacara Hari Kesadaran Nasional. Upacara ini memang rutin dilakukan setiap tanggal 17-nya. (Maaf ga ada SS-nya, gak sempet foto-foto hehehe....)
Pukul 08.30, calon jamaah haji pun berdatangan mulai dari yang mendaftar, mendaftar ulang, dan menanyakan keberangkatannya ke tanah suci. Saya pun kebagian untuk Menyusun berkas/persyaratan calon jamaah haji yang akan mendaftar.

Calon Jamaah Haji yang sedang mendaftar, mendaftar ulang, dan menanyakan keberangkaran

Pekerjaan baru pun mulai menghampiri. Melengkapi pas foto calon jamaah haji pun menjadi santapan saya selanjutnya. Pas fotonya terbilang sedikit sih, yang membuat pekerjaan ini terasa sulit yaitu mencari berkas calon jamaah haji tersebut.

Pas Foto Calon Jamaah Haji

Penampakan saya ketika memasukkan pas foto ke dalam map yang berisi berkas
Pekerjaan yang selanjutnya adalah Mengstempel SPPH. Setelah semua pekerjaan selesai, saya pun Membersihkan ruangan PHU ini.

Hari Kedua 18 Maret 2014 :


Pekerjaan di hari kedua cukup sedikit. Pertama, Menggandakan berkas calon jamaah haji yang kekurangan. Kemudian, Memproses dokumen calon jamaah haji yang mendaftar ulang. Adanya calon jamaah haji yang mendaftar ulang memaksa saya untuk mencorat-coret (bukan makna sebenarnya) buku register. Did you know, setiap ada calhaj yang mendaftar ulang, data dalam BPIH-nya ditulis dalam buku register tersebut.

Penampakan buku register
Pekerjaan terakhir yang harus dilakukan setelah semua kegiatan berakhir di hari kedua ini adalah Membersihkan ruangan.

Hari Ketiga 19 Maret 2014 :

Memproses dokumen calon jamaah haji yang mendaftar ulang menjadi sarapan di hari ketiga. Dilanjutkan dengan Menyusun berkas/peryaratan calon jamaah haji yang akan mendaftar. Tak ketinggalan Mengstempel SPPH dan Menggandakan berkas pun saya lakukan. Lumayan banyak pekerjaan di hari ketiga. Dan pekerjaan yang terakhir pastinya Membersihkan Ruangan.

Hari Keempat 20 Maret 2014 :

Hari keempat hanya sedikit pekerjaan yang saya kerjakan. Diawali dengan Memproses dokumen calon jamaah haji yang mendaftar ulang.

Calon jamaah haji yang mendaftar ulang
Membuat surat pengantar pemeriksaan kesehatan pun menjadi pekerjaan selanjutnya.

SS ketika membuat surat pengantar
Dan Membersihkan ruangan menjadi penutup hari keempat.

Hari Kelima 21 Maret 2014 :

Hari kelima menjadi hari yang sangat sibuk. Ini list pekerjaan saya :
-Memproses dokumen calon jamaah haji yang mendaftar ulang
-Menyusun berkas/persyaratan calon jamaah haji yang akan mendaftar
-Membuat surat pengantar pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji
-Menggandakan berkas
-Mengstempel SPPH
-Membersihkan ruangan
Banyak kan guys? Tapi pekerjaan sebanyak itu pun setimpal dengan seporsi Lontong :D

Sekian cerita Prakerin Minggu ketiga ini, sampai jumpa di minggu berikutnya.

Wassalamualaikum wr.wb.

Catatan:
Lihat juga kegiatan Prakerin di minggu Pertama dan Kedua.

90 comments

Wah Bagus Gan Cerita Nya

agan lingga itu ukuran foto nya berpa x berpa? :D

wahh , ini memang cerita di balik cerita

mantap gan , sempet"nya buat artikel beginian salut deh :D

Luar biasa mas ceritanya sangat inspiratif :)

izin follow blog nya ya. Di tunggu follow back nya

www.dicintai.com

wah bagi dong gan lontongnya :D

anak rajin mah sibuk wae euy :D

cerita yang terselubung gan :)

terimakasih agan @Brian Adam

itu teh fotonya di kali :v

haha, untung bukan cerita dibalik derita ya mas.
thanks sudah berkomentar :)

mantab juga komennya om haha

sekedar berbagi cerita aja gan :)

haha nanti saya kirim lewat komen aja ya haha

Ceritanya sangat isnpiratif nih gan. Postingan selanjutnya di tunggu :)

Kementerian Agama Kabupaten Cianjur

daripada nunggu posting selanjutnya mending tengok aja posting sebelumnya :D

Wah,, saya prakrinnya baru bulan 6. .

kalau 6 bulan ya memang wajar .... good luck

lama ya gan, ane cuman 3 bulan

ane 6 bulan gan, oke thanks :)

pengalaman berharga pasti gan

wah keren tuh nice post gan,,,cerita yang keren

haha ngoprek poto manula hungkul euy kade dipesakan :D

Izin Nyimak Gan :)

ane ga tau mau komen apaan,tpi nice sharee gan :D

nice gan :D

ditunggu gan :D

http://www.ifadilahproductions.tk/2014/03/prakerin-minggu-ketiga-di-pt-telkom.html

Geus beres prakerin jado Haji moal? :v

kudu nunggu 8 thn lmun dftar tahun ayna teh

bade mesakkan foto ersa we nya :3

Wah Mantap Tuh Gan, Sama Ane Juga Lagi PKL gan

cerita di balik cerita .
bagus gan artikelnya

Praktik Kerja Industri gan :)

Wah nambah pengetahuan saya nih,
thanks sob artielnya bermanfaat ^^

wah mantap banget artikelnya gan :D

nanti eva daftar haji yah haha
amin :D

ceritanya menguras sisi kehidupan, bermanfaat banget kang terus berkreasi diceritanya.

mantep kang lanjutkan...

ini catatan kegiatan sehari2 gan, bukan cerita fiktif :D
thanks sudah berkomentar :)

cieee di foto sama nenek-nenek lingga :D kade ah jd bogoh hahah :D

komen balik nya :D miwarang ah saalit :D heheh

wahh keren juga nih prakerin'a, ngurusin calon jemaah haji..
mantep nih gan, kalo saya dulu ga begini saya SMA hehe :)

wah menarikgan.. lanjutkan!!!

Komentar Anda sangat berharga bagi saya :)
so, let's comment here! :)