Saturday, March 8, 2014

Sepenggal Cerita Kegiatan Prakerin di Kementerian Agama Kab. Cianjur (Minggu Pertama 03-07 Maret 2014)

Assalamualaikum wr.wb.

Apa kabar teman? Semoga teman semua ada dalam keadaan yang sebaik-baiknya, aamiin.
Genap satu minggu ini, saya mulai menjalani kegiatan Prakerin di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Cianjur. Prakerin merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap siswa di SMK. For Your Information nih teman, saya bersekolah di SMK terbaik dan terhebat se-Cianjur yaitu, SMK Negeri 1 Cianjur (The Right Place To Get Success For The Future).

Di minggu pertama ini saya mendapatkan pengalaman yang baru di dunia yang baru. Meskipun kegiatan Prakerin di Kemenag Cianjur ini sangat bertolak belakang dengan jurusan yang saya ambil, namun saya yakin akan mendapatkan pengalaman yang berkesan dan berharga bagi kehidupan saya kelak.

Kali ini saya akan share kegiatan-kegiatan yang saya lakukan pada Minggu pertama di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Cianjur. Tapi sebelum itu, saya mau menghabiskan segelas susu hangat yang dari tadi setia menemani saya wkwkwkwk.

Sruputtt.........
Sruputtttt...............
Aahhhh....Nikmatnya, ada yang mau? Enak lho susunya wkwkwkwk.

Okay guys, inilah kegiatan Prakerin  saya pada minggu pertama di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Cianjur. Cekidoooooot.......



Hari pertama 03 Maret 2014 :

Hari pertama dimulai dari Upacara Bendera sekaligus Upacara Penerimaan dan Pelepasan Siswa Prakerin Gelombang ke-3 SMK Negeri 1 Cianjur. Perasaan yang berbeda mewarnai hari itu, hari dimana saya akan melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (disingkat PRAKERIN ya guys haha). Setelah upacara selesai, semua siswa yang melaksanakan prakerin gelombang ke-3 berangkat ke tempat prakerin masing-masing. Waktu itu saya dibimbing oleh Bapak Ngatoillah (Pak Anto). Beliau mengantarkan saya dan teman-teman lainnya yang ditempatkan di Kantor Kemenag Kab.Cianjur menuju lokasi. Disana kami diperkenalkan dan diserahkan secara simbolik kepada pembimbing di instansi, yaitu Ibu Ani Rosidah. Ibu Ani pun menerangkan peraturan-peraturan yang berlaku bagi siswa prakerin di Kemenag Cianjur. Setelah itu, beliau menempatkan kami di bagian yang berbeda. Saya pun ditempatkan di bagin Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU). Kami pun diantarkan ke bagian masing-masing dan “dititipkan” kembali ke pembimbing di masing-masing bagian. Pembimbing saya di PHU yaitu, Bapak H.Mamat.
Pekerjaan saya di hari pertama, yaitu Melayani Pendaftaran Ulang Calon Jamaah Haji dan Menuliskannya di Buku Register. Namanya juga masih baru, jadi masih banyak bertanya pada rekan yang sudah lebih berpengalaman dalam mengerjakan hal tersebut. Ini dia penampakkannya....

Hari itu saya banyak menanyakan mengenai cara pelayanan dan pengerjaan beberapa pekerjaan yg saya belum kuasai.
Waktu pun terasa cepat berputar, jarum jam pun menunjukkan pukul 15.30. Saya pun segera Membereskan dan Membersihkan Ruangan Kerja sebelum akhirnya pulang ke alam asal haha.
Hari pertama ini belum terlalu banyak bekerja, karena masih dalam proses adaptasi ya guys :3.

Hari Kedua 04 Maret 2014 :

Hari kedua ini mulai banyak kerjaan. Untuk pertama kalinya, saya Melayani Pendaftaran Calon Jamaah Haji. Hal yang sulit dalam melayani pendaftaran ini terletak pada saat berkomunikasi dengan calon jamaah haji. Maklum saya kan kurang jago dalam hal bersosialisasi wkwkwk. Selain hal itu, saya belum tahu persyaratan pendaftaran calon jamaah haji. Pengen tahu ga apa aja persyaratannya? Nih saya kasih....

Pekerjaan kedua di hari kedua ini yaitu, Memphotocopy Berkas Calon Jamaah Haji. Pekerjaan ini memang terbilang mudah, siiapapun bisa melakukannya. Tapi walaupun ini hanya perkejaan “sepele’, jangan menganggapnya demikian. Karena, jika dilakukan dengan hati yang ikhlas maka Allah akan memberikan Pahala pada pekerjaan “sepele” itu. Dalam setiap mengerjakan apaoun kita harus mengerjakannya dengan ikhlas ya guys walaupun itu pekerjaan “sepele’. Benda inilah yang saya photocopy guys....
Dan inilah Pahlawan Photocopy guys.....

Hahaha...Terimakasih ya “Ibu Photocopy” :3.
Pekerjaan yang selanjutnya yaitu, Melayani Pendaftaran Ulang Calon Jamaah Haji dan Menuliskannya di Buku Register dan Memasukkan Berkas Calon Jamaah Haji Ke Dalam Map.Pengen tahu gak kaya gimana penampakan map-nya? Ini dia.....

Pekerjaan terakhir di hari kedua ini yaitu, Membereskan dan Membersihkan Ruangan Kerja.

Hari Ketiga 05 Maret 2014 :


Jam menunjukkan pukul 08.30, namun belum ada Calon Jamaah Haji yang datang. Ruangan pun serasa “kuburan”, sepi amat bro....

Tapi tidak adanya calon jamaah haji yang datang, bukan berarti tidak ada pekerjaan. Mengstempel SPPH pun menjadi pekerjaan pertama saya. Akhirnya calon jamaah haji pun datang dan saya pun langsung Melayani Pendaftaran Calon Jamaah Haji tersebut.

Calon jamaah haji hari ini pun lumayan banyak. Dari yang mendaftar dan mendaftar ulang mereka pun datang berbondong-bondong. Kemudian saya Melayani Pendaftaran Ulang Calon Jamaah Haji dan Menuliskannya di Buku Register. Penasaran gak sama buku register? Ini dia penampakannya guys....

Lumayan besar kan guys? Haha
Pekerjaan pada pukul 15.20 hari ini ya tentu saja Membereskan dan Membersihkan Ruangan Kerja.

Hari Keempat  06 Maret 2014 :

Hari itu saya datang paling awal ke tempat kerja. Saya pun diminta untuk Mengstempel SPPH. Kini saya dan stempel sudah semakin akrab lho wkwkwk. Nih liat aja guys....
Hari itu tidak banyak calon jamaah haji yang datang karena hal yang stu ini nih....

Tapi, pendaftaran dan pendaftaran ulang masih dilayani kok. Pendaftaran yang dimaksud pada foto diatas adalah pendaftaran SISKOHAT ( Sistem Komputerisasi Haji Terpadu), yaitu kurang lebih bisa dibilang pendaftaran haji secara Online.
Oh iya guys, saya bukan satu-satunya siswa prakerin di bagian PHU lho. Ada 4 siswa dari SMK lainnya yg melaksanakan prakerin di bagian PHU ini.
Sekitar pukul 11.00, saya diminta untuk Mendata Berkas yang Belum Dilengkapi Dengan Pas Photo. Mungkin ini pekerjaan yang bisa dibilang agak banyak. Liat aja segimana banyaknya guys....

Waktu pun tak terasa sudah jam 15.20, ini waktunya untuk Membereskan dan Membersihkan Ruangan Kerja.

Hari Kelima 07 Maret 2014 :

Tumben sekali hari kelima ini, tidak banyak pekerjaan yang saya dan rekan-rekan kerjakan. Disela-sela kebosanan dan sedikit dihantui rasa ngantuk, ada salah satu pegawai yang berbaik hati memberi kami sedikit rezeki lumayan deh buat ganjel perut hehehe. Ini dia pengganjel perut pagi hari itu...

Pekerjaan hari ini pun dimulai dengan Melayani Pendaftaran Ulang Calon Jamaah Haji dan Menuliskannya di Buku Register.

Kemudian Melayani Pendaftaran Calon Jamaah Haji. Sepi sekali hari itu dan terasa sangat cepat, waktu pulang pun lebih cepat, sekitar pukul 14.55. Tapi, sebelumnya saya Membereskan dan Membersihkan Ruangan Kerja.

Okay guys, demikian sepenggal cerita kegiatan Prakerin saya di Kantor Kementrian Agama Kab.Cianjur pada Minggu Pertama.
Jangan lupa tinggalkan komentarnya ya guys, thanks :)

Wassalammualaikum wr.wb.

73 comments

haha geus siga pagawe lah :D :p

itu pkl dmna ??

Keren gan artikelnya :D nyimak aja :D hehe

thanks ya gan, jgn lupa berkunjung lagi lain kali ya :)

wah artikelnya detail banget.. mantap gan..

wah ceritanya keren dan seru,,

nice post gan, keren

Keren bro, Nice share (y)

bermanfaat nih buat pelajar.. :D
yg komen bnyak jg.. :v

lengkap banget mass :) makasih infonya bermanfaat :)

seminggu lumayan sibu yaa gan :D

sama-sama gan, sering2 berkunjung ya :)

tiap hari yang mendaftar untuk jadi jamaah haji itu rata-rata 10-25 orang gan, pantas saja saya sibuk bener ya :( haha

Nyimak Ajalah Gan :D

keren.....artikelnya gan"

ling di tes tajwid teu? :D

mantap pengalamanx mas...
thx telah berbagi cerita yah

waduh hampura kang tadi teh te beres loading na ....
eta teh nuju pendaftran calon haji kang?

haha
muhun kang nuju prakerin

urang daftar jadi haji ling haha :D

urang daftar jadi haji ling haha :D

:-) wah cerita yang menarik, keren banget artikelnya gan..
salam kenal, say undang semuanya mampir ke blog ane ya ... makasih :-)\
nice blog

hihi keren lah nguruskeun haji hungkul :D

heg engke di kasih formulirna oke haha

mantap ling (y) . semoga amal ibadahnya diterima :D

gimana sule aja we ah :((

Keren gan alur ceritanya :D, ditunggu yah minggu depan Postsannya.

This comment has been removed by the author.

nulis sendiri segitu banyaknya salut dah gua :D

Wah Asyik juga Ya, jadi pengen :_)
salam kenal. blog yang keren Gan.
mampir ke blog ane juga ya ke http://surga-informasi.blogspot.com/2014/03/bintaro-jaya-xchange-mall-pusat.html

Komentar Anda sangat berharga bagi saya :)
so, let's comment here! :)