Saturday, March 15, 2014

Sepenggal Cerita Kegiatan Prakerin di Kementerian Agama Kab. Cianjur (Minggu Kedua 10-14 Maret 2014)

Assalamualaikum wr.wb.
Gimana kabar kalian teman? Semoga baik-baik aja ya teman ^,^
Kali ini saya mau share pengalaman kegiatan prakerin di Kemenag Cianjur pada Minggu Kedua. Buat teman yang ingin tau tentang kegiatan prakerin saya di minggu pertama, silahkan klik link ini ya. ---KLIK DISINI---
Ohiya lupa. Biar mantep baca-baca pengalaman prakerin saya ini, saya saranin bacanya sambil ditemenin dengan segelas susu, cemilan, dan sedikit nada dan irama dari lagu favorit kalian ya guys :)
Okay, langsung saja kita let’s go ke benang merahnya. Cekidot..... :)



Hari Pertama 10 Maret 2014 :

Hari pertama diawali dengan kegiatan yang baru pertama kali saya lakukan sejak Prakerin di Kemenag Cianjur, yaitu Apel Pagi. Terlihat pegawai dan siswa prakerin sudah bersiap untuk melaksanakannya.


Apel Pagi pun berlangsung sekitar 30 menit. Pembina Apel menyampaikan amanatnya yang berisikan tentang informasi bagi pegawai Kemenag Cianjur.
Calon jamaah haji yang mendaftar hari itu pun terbilang banyak. Saya pun melayani pendaftaran dengan Menyusun berkas/persyaratan calon jamaah haji yang akan mendaftar.
Tak hanya yang mendaftar, calon jamaah haji yang mendaftar ulang pada hari itu pun bisa dibilang banyak. Tak ketinggalan, saya pun Memproses dokumen calon jamaah haji yang mendaftar ulang tersebut.
Nah....Pekerjaan baru pun datang. Untuk pertama kalinya saya Membuat surat pengantar pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji. Pekerjaan ini pun terbilang mudah, saya hanya perlu menuliskan data diri calon jamaah haji dari KTP-nya.
Jam pun menunjukkan pukul 15.30, waktunya untuk Membereskan dan membersihkan ruangan kerja.

Hari kedua 11 Maret 2014 :

Menyusun berkas/persyaratan calon jamaah haji yang akan mendaftar pun menjadi pekerjaan pertama di hari kedua. Padahal baru jam 8 pagi, calon jamaah haji yang mendaftar sudah banyak nih....
Adanya calon jamaah haji yang kekurangan photocopy dari salah satu berkasnya, saya pun langsung Menggandakan berkas dari calon jamaah haji tersebut.
Hari itu akhirnya saya di pertemukan kembali dengan stempel wkwkwk. Mengstempel SPPH pun menjadi santapan saya selanjutnya. FYI, SPPH itu singkatan dari Surat Pendaftaran Pergi Haji.

Penampakan SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji)

Setelah semua pekerjaan utama beres dan jam pun sudah menunjukkan pukul 15.00, saya pun bergegas Membereskan dan membersihkan ruangan.

Hari Ketiga 12 Maret 2014 :

Hari ketiga juga tidak kalah banyaknya calon jamaah haji yang mendaftar dengan hari-hari sebelumnya. Yups, tentu saja pekerjaan yang saya lakukan adalah Menyusun berkas/persyaratan calon jamaah haji yang akan mendaftar. Menggandakan berkas pun saya lakukan di hari ketiga ini.
Pekerjaan saya yang selanjutnya adalah Membuat surat pengantar pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji. Ohiya, ini dia penampakan surat pengantar tersebut (dalam keadaan blank).....



Hari ketiga terasa cepat berlalu. Tak terasa sudah saatnya untuk pulang. Membereskan dan membersihkan ruangan pun menjadi pekerjaan terakhir yang rutin saya lakukan.

Hari Keempat 13 Maret 2014 :

Hari keempat banyak sekali yang mendaftar ulang. Saya pun Memproses dokumen calon jamaah haji yang mendaftar ulang tersebut. Ini nih penampakan ketika saya memproses dokumen....


Di hari keempat ini, untuk pertama kalinya saya diminta untuk Melengkapi berkas/persyaratan calon jamaah haji. Waktu itu persyaratan yang dilengkapi oleh calon jamaah haji tersebut adalah Photocopy akta kelahiran dirinya. Untuk melengkapi persyaratan, calon jamaah haji hanya perlu menunjukan data dirinya dan nomor berkasnya.
Menyusun berkas/persyaratan calon jamaah haji yang mendaftar, menjadi pekerjaan saya selanjutnya. Tak ketinggalan Mengstempel SPPH pun saya sikat haha.
Pekerjaan terakhir ya seperti biasa, Membereskan dan membersihkan ruangan.

Hari kelima 14 Maret 2014 :

Pekerjaan pertama saya adalah Menyortir arsip dokumen calon jamaah haji menurut bulannya. Arsip yang saya sortir ini adalah arsip berkas-berkas pendaftaran haji pada tahun 2013. Pengen tahu gak jumlahnya? Pengen tau aja apa pengen tau banget? :D Okay deh saya kasih tau. Jumlahnya kurang lebih 1200an (wow). Saya dan salah satu rekan Prakerin, dibantu dengan seorang pegawai, mengerjakan hal tersebut. Sekitar 3 jam, barulah pekerjaan ini selesai. Saya kasih lihat nih penampakan arsip-arsipnya....









Lumayan banyak kan guys?
Dan ini penampakan ketika saya menyortir....

Setelah selesai, saya pun kembali ke ruangan. Tidak saya sangka, ternyata di ruangan banyak sekali cemilannya guys :D bisa-bisa buncit nih perut :3.

Ketika waktu istirahat, saya pun mendapat rezeki lagi. Akhirnya kebagian jatah sebungkus nasi padang nih, tambah buncit lagi aja nih perut wkwkwk.

Membereskan dan membersihkan ruangan pun menjadi penutup hari kelima ini.

Banyak kesan yang menarik di Minggu Kedua ini. Pekerjaan baru pun mulai saya kerjakan. Semoga Minggu Ketiga akan lebih mengesankan, aamiin.

Sekian pengalaman Prakerin Minggu Kedua ini guys, terima kasih telah bersedia menyimak dan membaca. Jangan lupa tinggalkan Komentar kalian ya guys. Akhir kata, Wassalamualaikum wr.wb. 

57 comments

haha teu kirang seer eta tumpukan kertas :D

Mantap gan, jadikan semua itu pengalaman pribagi agan (y), Kalau saya mah l=Lagi PKL gan Hehehe :D

keren gan ceritanya Nice banget

detail banget ceritanya gan haha

nice gan :D

http://www.ifadilahproductions.tk/2014/03/prakerin-minggu-kedua-di-pt-telkom.html

jadi ke inget ane pada masa PKL dlu

haha, sering2 berkunjung ya gan :)

prakerin brapa bulan gan ??jadi keinget prakerin di PT toshiba semarang gan hehee
mantap ! (Y)

3 bulan gan :)
share pengalamannya juga yaaa

Lengkap mungkin agan mau jadi penulis handal

Suatu saat Anda menjadi penulis buku yang handal aminn..

aamiin gan, thanks ya :)

ijin nyimak aja gan.. mantap infonya

kayaknya seru sob,ijin nyimak ya

loen tengoh pungoh

Ajib lah kegiatan kerjana :)

pengalaman yang sngat mengagumkan sob :)

This comment has been removed by the author.

tiap hari sibuk ya... tetap semangat gan :)

jasa meningkatkan pengunjung website di semarang |
jasa seo ...
JASA SEO TERBAIK jasa meningkatkan pengunjung ... Jika anda
sedang mencari info tentang belajar SEO murah untuk Pemula di Bekasi ...

pakar seo semarang terbaik,
Bergaransi di Solo, Sidoarjo, Semarang, Surabaya, Jepara, Jogja,
Jakarta. Kami siap melayani anda untuk anda yang berada di ...


Jasa SEO Profesional Terbaik Murah Bergaransi Semarang Indonesia
Melayani jasa seo profesional berbagai website baik bahasa indonesia, inggris,
kami optimasikan cara terbaik pasti halaman satu harga budget
bergaransi.

Komentar Anda sangat berharga bagi saya :)
so, let's comment here! :)